SELAMAT DATANG DI www.jihaadibrothers.com , SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA

Membuat Soal Pilihan Ganda Dan Skor Dengan Power Point

Pada postingan kali ini, kami ingin berbagi bagaimana cara membuat soal pilihan ganda interaktif hanya menggunakan Microsoft Power Point. Terlebih  sebagian besar tenaga pendidik banyak  menggunakan Microsoft PowerPoint sebagai salah satu alat presentasi  maupun  membuat media pembelajaran saat kegiatan pembelajaran. 

Tetapi sebagian besar tenaga pendidik belum mengoptimalkan fungsi VBA (Visual Basic Application) untuk membuat pengskoran dalam membuat soal pilihan ganda  dengan  menggunakan program PowerPoint.  Kali ini penulis menggunakan Microsoft Office Power Point 2013


Langkah yang perlu dilakukan sangatlah sederhana , yakni :
  •     Membuat desain soal
  •     Membuat slide Microsoft PowerPoint
  •     Membuat macro
  •     Menerapkan macro pada tombol pilihan jawaban
  •     Menerapkan macro pada tombol lihat skor
  •     Menyimpan file dalam format *.pptm

1. Desain Soal

Persiapkan  10 soal ,  untuk pilihan benar diberi nilai 10 (jika nilai maksimal 100) atau 1 (jika nilai maksimal 10), sedangkan pilihan salah diberi nilai 0. Umpan balik hanya ada saat siswa melihat soal evaluasi yang sudah dikerjakannya. Jika membuat 10 soal evaluasi artinya minimal menggunakan 12 slide. Slide pertama untuk judul / pembuka , Slide 2 sampai 11 untuk 10 soal ganda dan slide terakhir untuk  tombol mengecek nilai

2. Membuat Slide  pada Microsoft PowerPoint

Untuk membuat evaluasi pada Microsoft PowerPoint kita  memanfaatkan setiap tampilan slide sesuai rancangan di atas. Contoh slide Evaluasi untuk Cover, Soal dan Lihat Skor dapat dilihat pada gambar berikut:
a. contoh slide untuk cover :

b. contoh slide untuk soal nomor 1 – terakhir :


c. contoh slide terakhir untuk cek nilai :


3. Membuat Macro

Tulis kode berikut di notepad, simpan /save as dalam bentuk/ekstensi (name.bas)
Dim nilai As Integer
Dim konfirmasi As String
Sub mulai()
nilai = 0
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
End Sub
Sub benar()
konfirmasi = MsgBox("Yakin dengan jawaban anda?", vbYesNo, " Cek Jawaban!")
If konfirmasi = vbYes Then
nilai = nilai + 20
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
End If
End Sub
Sub salah()
konfirmasi = MsgBox("Yakin dengan jawaban anda?", vbYesNo, " Cek Jawaban!")
If konfirmasi = vbYes Then
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
End If
End Sub
Sub skor()
'tombol untuk selesai
MsgBox (" nilai anda adalah " & nilai)
End Sub

Untuk menghasilkan evaluasi interaktif menggunakan VBA menggunakan fasilitas macro kita buat 3 buah macro yaitu : Benar, Salah, dan Skor. Untuk menampilkan jendela visual basic editor tekan tombol Alt + F11. Kemudian Klik file – import file – browse file yang kita buat ( ****.bas)  tadi.

Kemudian tutup VBA dan kembali pada PowerPoint yang telah kita buat tadi.


4. Menerapkan Macro pada Tombol Mulai
Setelah kode macro dibuat maka selanjutnya adalah memberikan action macro tersebut pada tombol start ,adapun caranya adalah sebagai berikut: masuk ke slide cover yang akan di pasang macro, select tombol Start –> Insert –> Action –>Run Macro –> Mulai –> OK.

5. Menerapkan Macro pada Tombol Pilihan Jawaban
Setelah kode macro dibuat maka selanjutnya adalah memberikan action macro tersebut pada pilihan jawaban adapun caranya adalah sebagai berikut: Untuk memasang macro ada pilihan jawaban benar adalah dengan cara : masuk ke slide soal yang akan di pasang macro, select pilihan jawaban –> Insert –> Action –>Run Macro –> Benar –> OK. Setiap soal hanya ada satu jawaban benar, lainnya salah.

6. Menerapkan macro pada tombol lihat skor
Untuk memasang macro untuk melihat skor adalah sebagai berikut: masuk ke slide hasil evaluasi yang akan di pasang macro, select tombol lihat Skor–> Insert –> Action –>Run Macro –> Nilai –> OK.


7. Menyimpan file dalam format *.pptm
Setelah semua Macro dimasukkan dalam pilihan jawaban maupun pada lihat skor, dan pembuatan evaluasi sudah selesai agar program Macro dapat dijalankan makan untuk penyimpanan filenya harus dalam format *.pptm.Save –> Save as type –> PowerPoint Macro-Enabled Presentation (*.pptm ) –>save. 
 
Semoga bermanfaat dan sukses













Subscribe to receive free email updates: